SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Minggu, 05 April 2015

Sinergitas TNI POLRI di perbatasan RI-RDTL

Mako Satgas Pamtas RI-RDTL menggelar acara penyerahan barang bukti hasil penggagalan penyelundupan (1/4) di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL oleh Dansatgas Pamtas kepada Kapolres Belu. Sejumlah 2 unit sepeda motor dan 450 liter BBM jenis minyak tanah adalah barang selundupan yang berhasil digagalkan oleh Pos Pamtas di bawah Komando Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad. Acara tersebut dilaksanakan setelah Kapolres Belu didaulat sebagai inspektur upacara pada upacara kenaikan pangkat sehingga mencerminkan sinergitas yang baik antara TNI dengan POLRI dalam memberantas tindak kriminal terutama penyelundupan yang terjadi di wilayah perbatasan RI-RDTL. 

Kapolres Belu, AKBP Raja Sinambela, ketika menjadi InspekturUpacara penyematan tanda kepangkatan buat prajurit TNI di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL, mengatakan, secara pribadi dan atas nama institusi Polri dirinya menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan TNI berkenaan dengan penyematan tanda pangkat untuk anggota TNI. Dirinya tidak pernah membayangkan kalau Dansatgas Pamtas RI-RDTL yang juga menerima kenaikan pangkat dari Mayor Infanteri ke Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri itu,mempercayakannya untuk penyematan ke prajurit TNI.

“Saya menyatakan terima kasih atas penghargaan yang diberikan TNI khususnya Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur ini. Ini menunjukan bahwa TNI dan Polri tetap satu, kompak dalam menjaga keutuhan NKRI. Kehadiran saya di Mako Satgas Pamtas hendaknya prajurit melihatnya bahwa saya adalah orangtua para prajurit juga, begitupun anggota Polri melihat Dansatgas sebagai orangtuanya juga. Mari kita terus bersinerji dalam menjalankan tugas demi NKRI”,tegas Kapolres, AKBP Raja Sinambela.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Letkol Inf Muhammad Nas,S.I.P. mengatakan,” Pada tanggal 1 April 2015 ini di lingkungan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad, ada 32 prajurit yang menerima kenaikan pangkat. Dirinyapun mengalami hal yang sama menerima kenaikan pangkat di penugasan, tentu merupakan kebanggaan yang luar biasa. Kenaikan pangkat itu tidak hanya seremonial tetapi itu suatu penghargaan Negara terhadap perjuangan prajurit di lapangan selama ini. Perjuangan yang melelahkan dan prestasi yang sudah ditunjukan, maka prajurit berhak menerima kenaikan pangkat. Saya tentu berharap kekompakan yang sudah ditunjukan pimpinan kedua institusi ini tetap menular ke anggota dalam menjalankan tugas pengaman Negara di wilayah ini”, harap Letkol Nas.
Penyelundupan BBM bersubsidi di wilayah Kabupaten Belu yang seringkali terjadi, menyebabkan kelangkaan BBM sehingga merugikan masyarakat. Upaya-upaya untuk mengantisipasi kejahatan penyelundupan selalu dilakukan melalui patroli dan pengendapan di jalan-jalan tikus yang sering digunakan penyelundup sebagai lalu lintas keluar masuknya barang. Tidak hanya BBM, barang-barang lain seperti kendaraan bermotor, hewan ternak, dan barang-barang lain yang disubsidi oleh pemerintah juga sering diselundupkan dari Indonesia ke Timor Leste.

”Saya berterimakasih atas dedikasi prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad yang bertugas mengamankan perbatasan. Selama 4 bulan berada disini, sudah berhasil menggagalkan penyelundupan 3 sepeda motor dan 2105 liter BBM”, ucapan terima kasih Kapolres Belu AKBP Raja Sinambela,S.H. kepada seluruh prajurit dalam acara penyerahan barang bukti hasil penggagalan penyelundupan. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar