SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Senin, 06 April 2015

Kodim 1624/Flotim bersinergitas mengamankan Semana Santa 2015

Sebanyak 31 anggota Kodim 1624/Flotim, 35 anggota Kopassus, 15 anggota TNI Angkatan Laut bersama unsur terkait lainnya bersatupadu dan saling bahu membahu dalam pengamanan prosesi Semana Santa (perayaan Kamis Putih dan Jumat Agung), Jumat (03/04), di Pesisir Pantai Larantuka Kabupaten Flores Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur Wilayah Korem 161/Wira Sakti.

Dalam kegiatan pengamanan ini, unsur terkait selain dari TNI, di antaranya dari Jajaran Polda NTT, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Flores Timur , dan Badan SAR Nasional. Pengamanan Semana Santa ini dengan melibatkan personel berjumlah 709 orang, Tujuan operasi pengamanan tersebut ialah untuk menjamin rasa aman bagi masyarakat yang merayakan Paskah serta terwujudnya situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif sebelum dan selama t perayaan Paskah 2015.

Sasaran kegiatan pengamanan meliputi tempat-tempat yang digunakan untuk ibadah Paskah, warga yang akan melaksanakan kegiatan Paskah atau prosesi Paskah, barang-barang yang digunakan untuk kegiatan Paskah, termasuk kendaraan atau sampan dayung prosesi perarakan kegiatan ini. Perayaan melalui laut yang sudah berlangsung ratusan tahun ini, yaitu Ibadah Semana Santa pada Jumat Agung, yang diawali dengan prosesi bahari, yakni patung Yesus yang ditempatkan di dalam peti jenazah dibawa ke Kapela Tuan Meninu (Tuhan Meninu) di Kota Rowido, Kelurahan Sarotarti, menuju Pelabuhan Wure. Dari Dermaga Rowido, patung Yesus dibawa dengan perahu, lalu diarak oleh ratusan perahu di Kota Larantuka. Paling depan sampan yang mengarak ArcaTuan Meninu, menyusul sejumlah perahu dayung sampan , Diantara sampan sampan tersebut terdapat kapal-kapal patroli laut, dengan melintasi arus Selat Gonzalu yang terkenal sangat ganas, dan paling belakang adalah kapal-kapal yang membawa para peziarah hingga titik terakhir prosesi laut. 

Tampak pula, disepanjang tepi pantai mulai dari titik berangkat sampai dengan titik akhir,dipenuhi oleh umat yang turut menyaksikan prosesi ini. Bahkan Jumlah umat di pesisir pantai ini, jumlahnya jauh lebih banyak dari umat yang mengikuti prosesi laut. Pada malam harinya dilanjutkan acara prosesi Jumat Agung mengelilingi kota Larantuka dengan menyinggahi armida-armida yang diikuti + 8.000 umat Khatolik/peziarah, dan berkat sinergitas seluruh komponen masyarakat, Prosesi Semana Santa Tahun 2015 ini berjalan tertib, aman dan lancar.(MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar