SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Sabtu, 11 April 2015

Danramil-04/Kediri Kodim 1619/Tabanan Kawal Kunker Mensos RI

Di wilayah Koramil-04/Kediri Kodim 1619/Tabanan telah berlangsung kegiatan kunjungan kerja Mensos RI Khofifah Indar Parawangsa Jumat, (10/4) di Panti Sosial Bina Netra Mahatmiya Bali yang merupakan bagian dari wilayah dalam rangka meninjau secara langsung kegiatan sosial yang telah diselenggarakan oleh Dinas Sosial Propinsi Bali dan aktifitas anak-anak yang berada di PSBN Mahatmiya Tabanan-Bali.

Adalah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap aparat Kowil untuk mengamankan, memantau dan memonitor setiap kegiatan di wilayahnya terlebih kegiatan-kegiatan yang bernilai strategis seperti kegiatan-kegiatan pejabat baik militer atau sipil di wilayahnya sehingga proses dan mekanisme kegiatan dapat berjalan sesuai perencanaan. Kehadiran Mensos RI disambut hangat oleh sekitar 150 orang anak-anak PSBN Mahatmiya Tabanan, Kadis Sosial Propinsi Bali I Nyoman Wentan, Unsur Muspida Tabanan, Kadis Sosial Pemkab Tabanan I Nyoman Gede Gunawan, S.Sos, Muspika dan para Stake Holder terkait bidang kesosialan. Sambutan Sekda Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, M.M yang mewakili Bupati Tabanan menerangkan bahwa dengan adanya konvensi tentang hak-hak penyandang disabilitas merupakan wujud komitmen dan kepedulian seluruh elemen bangsa bagi kemajuan HAM khususnya para penyandang disabilitas. Mereka wajib mendapatkan perhatian dari kita semua dan selama ini Pemkab Tabanan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa terkecuali para penyandang disabilitas melalui program-program kegiatan yg inovatif sesuai dengan visi pembangunan di Kabupaten Tabanan yang "SERASI".

Ibu Khofifah Indar Parawangsa pada sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih yang tak terhingga atas sambutan dari anak-anak PSBN Mahatmiya Tabanan beserta seluruh pengurus yang sangat luar biasa. Saat ini Kemensos terus berupaya agar para penyandang disabilitas mendapat Kartu khusus yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kelangsungan hidup dan kesejahteraannya. Mensos RI juga berharap mereka bisa berbaur ditengah-tengah masyarakat tanpa adanya diskriminasi. Dalam lawatannya ke Kabupaten Tabanan tersebut, Kemensos RI juga menyempatkan untuk mengunjungi rumah warga yang ada di Banjar Delod Puri Desa Kediri Kecamatan Kediri terkait dengan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2015. PKH adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM), selama keluarga tersebut memenuhi kewajibannya. PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi. Melalui program ini diharapkan dapat mengubah perilaku Keluarga Sangat Miskin untuk memeriksakan ibu hamil/Nifas/Balita ke fasilitas kesehatan dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikan sehingga dalam jangka panjang, PKH diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi.

Beberapa warga yang dikunjungi diantaranya Keluarga I Wayan Suadi, I Ketut Kamas Riadi, I Wayan Susastra dan I Ketut Adyana yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh. Para peserta program HPH tersebut mendapatkan bantuan tunai (sesuai persyaratan), memperoleh pelayanan kesehatan di penyedia pelayanan kesehatan (Puskesmas, Posyandu, Polindes) dan berhak atas pelayanan pendidikan bagi anak usia wajib pendidikan dasar 9 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar, melalui program pendidikan formal, informal maupun non formal. Adapun para pesertanya bisa Ibu atau wanita dewasa yang mengurus anak pada keluarga yang bersangkutan dan jika tidak ada ibu maka yang menerima adalah kakak perempuan dewasa. Danramil-04/Kediri Kapten Inf Gede Artawijaya, bersama Kapolsek Dan Camat setempat mengawal langsung dan mengikuti setiap tahapan dengan cermat hingga akhirnya sekitar Pukul 16.15 Wita saat Kemensos RI meninggalkan lokasi kegiatan bersama rombongan tidak terjadi hambatan.(MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar