SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Kamis, 09 April 2015

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Presiden RI

Apel gelar pasukan menjelang kunjungan Presiden Republik Indonesia ke wilayah Provinsi Bali dalam rangka menghadiri pelaksanan Kongres PDIP, dilaksanakan pada Rabu (8/4) di lapangan Puputan Margarana Renon Denpasar.

Pada apel gelar pasukan ini, Kapolda Bali, Irjen Pol Ronny F Sompie selaku Inspektur Upacara mengecek semua kesiapan personel dan materiil yang dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan, apabila ada yang perlu dilengkapi agar segera dilengkapi sehingga bisa dipastikan dan yakin bahwa personel, materiil dan pendukung lainnya siap untuk operasional secara all out.

Kapolda Bali membacakan amanat Pangdam IX/Udayana, menyampaikan bahwa, Pengamanan VVIP seperti ini sudah sering dilaksanakan baik pada even-even nasional maupun internasional sebelumnya, namun tidak boleh lengah ataupun menganggap sebagai hal yang biasa tugas pengamanan VVIP seperti ini, oleh karena itu maka perlu dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dengan tujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai yang tertuang didalam Prosedur Tetap (Protap) PAM VVIP sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur dalam pelaksanaan di lapangan. Dalam pelaksanan tugas ini Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah Bali Nusra dibantu Polda dan Pemerintah Daerah setempat serta unsur pendukung lainnya melaksanakan tugas pengamanan VVIP. Dalam pelaksanaannya diperlukan kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai Komando yang efektif dan efisien sehingga tujuan maupun sasaran pengamanan dapat tercapai secara optimal, untuk itu ada beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh peserta apel :
Pertama, pahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kedua, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai Komando yang efektif dan efisien agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik. Ketiga, cegah terjadinya kelengahan dengan cara meningkatkan kepedulian dengan membangun kepekaan yang tinggi terhadap kejanggalan-kejanggalan situasi dan setiap kemungkinan yang berpotensi dapat mengganggu stabilitas keamanan sehingga dapat dimanfaatkan oleh pihak lain. Keempat, jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait dalam tugas pengamanan ini. Kelima, cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan dengan segera bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas.

Kegiatan ini diikuti oleh Pasukan Gabungan Kodam IX/Udayana, Lanal Denpasar, Lanud Ngurah Rai dan Polda Bali serta pendukung lainnya. Hadir pada Kesempatan tersebut para Pejabat Teras Kodam IX/Udayana, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan, Kabinda Bali, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Asisten, Karoops Polda Bali para Kabalakdam IX/Udayana dan sejumlah perwira undangan lainnya. Apel Gelar Pasukan dapat berjalan dengan tertib dan aman. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar