SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Rabu, 25 Maret 2015

Yonif Mekanis 741/SBW Hidup Lagi

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Torry Johar Banguntoro akan meresmikan Batalyon Infanteri Mekanis 741/Satya Bhakti wirottama yang berkedududkan di Kota Negara Kabupaten Jembrana pada Rabu (25/3).
Rencana peresmian ini disampaikan Kapendam IX/Udayana, Kolonel CZI Abdijon Sinaga pada siaran pers di Kantor Pendam IX/Udayana Selasa (24/3), beliau menyampaikan bahwa Kodam IX/Udayana sebagai Kotama Ops (Komando Utama Operasi) memiliki salah satu fungsi pembinaan kekuatan, oleh karena itu dalam plaksanaannya Kodam IX/Udayana senantiasa melakukan pengkajian, penataan dan pembinaan organisasi satuan jajarannya secara terarah dan berkesinambungan dalam menghadapi setiap potensi ancaman yang mungkin timbul di wilayah Provinsi Bali dan Nusa Tenggara.
Sejalan dengan perkembangan lingkungan strategis dan berbagai isu tentang ancaman yang dihadapi Kodam IX/ Udayana seperti penyusupan, invasi, gerakan separatis bersenjata dan perkembangan sosial masyarakat, maka pembangunan kekuatan dan penataan kekuatan jajaran Kodam IX/Udayana merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus segera dilakukan. 
Memahami hal ini, Kepala Staf Angkatan Darat memandang perlu dibentuknya Batalyon baru di Provinsi Bali wilayah Kodam IX/Udayana dengan nama Batalyon Infanteri Mekanis 741/Satya Bhakti Wirottama yang berkedududkan di Kota Negara Kabupaten Jembrana, langkah ini merupakan salah satu solusi yang tepat dalam rangka mengoptimalkan peran dan tugas pokok Kodam IX/Udayana.
Disamping itu sesungguhnya Yonif 741/SBW ini sebelumnya sudah pernah ada yang kemudian dirubah menjadi Yonif 900/Raider sebagai satuan pemukul Kodam. Selanjutnya dihadapkan dengan tugas-tugasnya Yonif 900/Raider sering melaksanakan tugas-tugas Pengamanan VVIP dan VIP sesuai dengan keberadaan Daerah Bali yang sering dijadikan sebagai tempat kegiatan yang bersifat Nasional maupun Internasional sehingga membuat tidak relevan lagi dengan tugas-tugas Yonif Raider sebagai pemukul Kodam, sehingga perlu dibentuk lagi Yonif Mekanis 741/Satya Bhakti Wirottama ini.
Secara organisatoris dan ketentuan dasar Batalyon Infanteri Mekanis yang disingkat dengan Yonif Mekanis ini merupakan kesatuan tempur yang mempunyai tugas pokok mencari, mendekati, menghancurkan dan menawan musuh serta merebut, menguasai dan mempertahankan medan baik berdiri sendiri maupun dalam hubungan yang lebih besar dalam rangka mendukung tugas pokok, oleh karena itu pembentukan yonif Mekanis 741/Satya Bhakti Wirottama ini sangat penting dan strategis agar Kodam IX/Udayana sebagai kompartemen strategis dapat mewujudkan pertahanan dan keamanan yang oftimal di wilayah Provinsi Bali dan Nusa Tenggara, Demikian tegas Kapendam IX/Udayana. (MMC IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar