SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Rabu, 25 Maret 2015

Pangdam IX/UDY Resmikan Yonif Mekanis 741/Satya Bhakti Wirottama

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peresmian Yonif Mekanis 741/Satya Bhakti Wirottama yang dilaksanakan pada Rabu (25/3) bertempat di lapangan Mako Yonif 741/SBW, Negara Kab Jembrana.

Pasukan upacara terdiri dari Korsik Ajendam IX/Udayana,Kompi Yonif 900/Raider, Yonif Mekanis 741/SBW, Kodim 1617/Jembrana, Lanal Denpasar, Lanud Ngurah Rai, Polri, Satpol PP Jembrana, FKPPI, PPM, PNS, Pramuka dan anak-anak SLTA Jembrana yang diatur dalam susunan pasukan upacara yang sangat rapi.

Upacara pokok diawali dengan peresmian Yonif Mekanis 741/SBW yang dikomandani oleh Letkol Inf Susanto L Manurung, oleh Pangdam IX/Udayana yang dilanjutkan dengan penyerahan panji kebesaran berupa Tunggul Yonif Mekanis 741/SBW oleh Pangdam IX/Udayana kepada Danyonif Mekanis 741/SBW.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa, dalam melaksanakan fungsi sebagai Komando Utama Operasi, Kodam IX/Udayana melaksanakan fungsi pembinaan kekeuatan dengan melakukan pengkajian, penataan dan pembinaan organisasi satuan dan jajarannya secara berkesinambungan dihadapkan dengan kebutuhan organisasi dan perkembangan lingkungan strategis dan berbagai isu kemungkinan ancaman yang dihadapi oleh Kodam IX/Udayana seperti inviltrasi, invasi, gerakan sparatis bersenjata dan dinamika sosial masyarakat yang tidak menutup kemungkinan menimbulkan gesekan sehingga membuat penataan dan pembangunan kekuatan menjadi kebutuhan yang mendapat prioritas untuk dilaksanakan.

Berkaitan dengan itu selanjutnya Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa untuk mengoptimalkan peran dan tugas Kodam IX/Udayana sebagai salah satu Kompartemen Strategis adalah dengan membentuk Batalyon Mekanis 741/SBW sebagai salah satu solusi yang tepat dan strategis. Yonif 741/SBW ini merupakan satuan tempur yang berkedududkan langsung di bawah kendali Pangdam IX/Udayana dan mempunyai tugas pokok mencari, mendekati, menghancurkan, menawan musuh dan merebut serta menguasai, mempertahankan medan secara berdiri sendiri maupun dalam hubungan yang lebih besar untuk mendukung tugas pokok Kodam IX/Udayana.

Dengan terbentuknya Batalyon Infanteri Mekanis 741/SBW ini Pangdam mengharapkan agar dapat memberikan dukungan yang proporsional sesuai dengan tugas dan fungsinya serta yang tidak kalah pentingnya adalah kepada Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat terutama yang berada dilinngkungan Mako Yonif 741/SBW dapat menerima dan mendukung sepenuhnya kehadiran dan keberadaan Yonif 741/SBW ini. Demikian tegas Pangdam.

Kemudian sebagai acara tambahan upacara ini dimeriahkan dengan drama tari yang mengambil tema “ Sumpah Palapa Maha Patih Gajahmada” yang dipentaskan oleh Sanggar Paripurna dari Desa Bona Kabupaten Gianyar dan dilanjutkan dengan penanaman pohon didepan Mako Yonif Mekanis 741/SBW oleh Pangdam IX/Udayana dan undangan lainnya. Sebagai acara yang terakhir adalah syukuran dan ramah-tamah yang diikuti oleh seluruh peserta upacara dan undangan.

Undangan yang hadir pada kesempatan ini, antara lain Bupati Jembrana, Wakil Bupati Jembrana, Perwakilan DRPD Jembrana, Para Pejabat utama Kodam IX/Udayana, perwakilan Lanal Denpasar, Lanud Ngurah Rai, Perwakilan Kepolisian, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat Jembrana, Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana dan sejumlah undangan lainnya. (MMC IX/udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar