SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Selasa, 24 Maret 2015

Babinsa Koramil 1606-03/Bayan Buka Saluran Air

Minggu (22/3) anggota Koramil 1606-03/Bayan Kab.Lombok Utara bersama warga melaksanakan Kerja Bhakti mengangkat tanah dan bebatuan yang menumpuk akibat longsor di Dusun Beraringan Desa Bayan Kec. Kayangan KLU. 
Karena hujan beberapa hari yang lalu, saluran irigasi yang mengaliri lebih dari 150 H sawah di Dusun Beraringan tertimbun reruntuhan tanah dan bebatuan akibat longsor. Kondisi ini membuat saluran irigasi tersebut tidak dapat mengaliri areal persawahan warga, sehingga kalau dibiarkan ratusan hektar sawah di kawasan tersebut terancam kekeringan. 
Danramil 1606-03/Bayan Kapten Inf Sulendra S.H menghimbau kepada warganya untuk lebih hati-hati terutama warga yang tinggal di daerah perbukitan maupun yang kanan dan kiri rumahnya dekat dengan pohon yang mudah patah/tumbang, karena berkaitan dengan adanya musibah seperti yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia rata-rata sulit untuk dipastikan kapan musibah akan terjadi, termasuk kawasan wilayah kita yang terjal dan gundul karena penebangan pohon merupakan salah satu indikasi kawasan yang rawan bencana alam tanah longsor. Selain itu jenis tanah yang kurang padat adalah tanah lempung atau tanah liat dengan ketebalan lebih dari 2,5 meter dan sudut lereng > 220 juga memiliki potensi terjadinya tanah longsor terutama bila terjadi hujan yang deras seperti kemarin.
Dengan adanya pelaksanaan karya bhakti TNI dan masyarakat, warga desa Beraringan sangat berterima kasih karena dengan TNI turun langsung ke lapangan seperti ini pekerjaan cepat selesai.
Hadir dalam pelaksanaan gotong royong tersebut Kepala Desa Beraringan dan beberapa kelompok tani yang sawah maupun ladangnya mendapat aliran air dari irigasi tersebut.(MMC IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar