SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Senin, 23 Maret 2015

Pangdam Beri Pembelakan Mahasiswa Unniversitas Pertahanan

Pangadam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro memberikan pembekalan kepada Mahasiswa Unhan yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri di Provinsi Bali, Pada (23/3) bertempat di Ruang Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali.

Mengawali Kegiatan pembekalan ini Pangdam IX/Udayana menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bahagia serta merasa terhormat mendapat kesempatan untuk memberikan materi di forum Kuliah Kerja Dalam Negeri ini, oleh karena itu Pangdam berharap agar para peser dapat menyimak materi tentang “Sinergitas dan Kerjasama Kodam IX/Udayana dengan Elemen Masyarakat dalam Menghadapi Bahaya Ancaman di Wilayah Bali dan Nusa Tenggara” sehingga materi yang disampaikan akan dapat memberikan kontribusi positif dan bermanfaat dalam menyelesaikan tugas-tugas Kulian Dalam Negeri ini.

Selanjutnya Pangdam memaparkan meteri mulai dari posisi Geografi Indonesia yang terdiri dari beribu pulau membentang dari Sabang samapai Merauke dan sangat kaya dengan kekayaan alam, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan Indonesia akan menjadi objek persaingan kepentingan nasional berbagai negara, sehingga diperlukan langkah antisipasi dan persiapan yang matang agar Bangsa Indonesia mampu menjamin tetap tegaknya keutuhan dan kedaulatan NKRI, Kita harus menyadari adanya tantangan dan ancaman negara lain.

Perlu dipahami saat ini sifat dan karakteristik perang telah bergeser, ancaman dalam bentuk perang konvensional jelas tidak mungkin namun tuntutan kepentingan negara atau kelompok tertentu telah menciptakan berbagai macam jenis perang baru, antara lain perang asimetris, perang hibrida dan perang proxy. Proxy (Proxy War) adalah konfrontasi antara dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan untuk mengurangi resiko konflik langsung yang berdampak pada kehancuran fatal, terus bagaimana dengan Indonesia saat ini ?

Sadar atau tidak, dewasa ini sudah mulai terasa adanya Proxy War di Indonesia, ada kekuatan yang hendak melemahkan negara kita dengan cara mengadu domba, memprovokasi dan menyebar fitnah lewat media massa dan media sosial lainnya dan pada akhirnya bertujuan untuk memecah belah kerukunan, persatuan dan kesatuan yang sudah terbangun dengan baik selama ini.

Untuk mencegah hal ini diperlukan adanya koordinasi dan sinergitas antara satu sama lain, sebagaimana yang telah diupayakan dan ditempuh Kodam IX/Udayana yaitu senatiasa menjalin dan meningkatkan sinergitas serta kerjasama antara Kodam IX/Udayana dengan instansi terkait dan ancaman di Wilayah Bali dan Nusa Tenggara, demikian tegas Pangdam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unhan, Mayor Jenderat TNI I W Midhio, Darem 163/Wirasatya, Asintel, Aster Kasdam IX/Udayana dan Kapendam IX/Udayana, Karoops Polda Bali serta Perwakilan Pemda Prov Bali. (MMC IX/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar