SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Jumat, 30 Oktober 2015

Program Jambanisasi Tingkatkan Kesehatan Sanitasi Masyarakat

Dandim/1612 Manggarai, Letkol Kav Imron Rosadi, S.E., mengatakan pembuatan jamban keluarga merupakan kepedulian TNI untuk meningkatkan kesehatan sanitasi masyarakat tidak mampu dan menjadi bagian dari pembinaan teritorial kemanunggulan TNI dan rakyat, Kamis (29/10) di Kabupaten Manggarai.

Untuk wilayah Kodim 1612/Manggarai mendapatkan jatah 120 unit pembuatan jamban dari Kodam IX/Udayana dan telah diselesaikan 98 unit jamban tersebar pada delapan Koramil.

Menurut Dandim, saat meninjau pembuatan jamban di salah satu rumah warga atas nama Hendrikus Miru di RT 16 Kampung Leda, Kelurahan Golodukal, Kecamatan Langke Rembong, mengatakan bahwa pihaknya siap untuk membangun lebih banyak jamban untuk menjangkau lebih banyak masyarakat tidak mampu sehingga mereka bisa hidup lebih sehat, tetapi semua juga tergantung anggarannya. Kita harapkan adanya bantuan dana Corporate Social Responsibility atau CSR dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan swasta.

Warga masyarakat penerima program jambanisasi yang dilakukan oleh pihak Kodim 1612/Manggarai, merespon positif kegiatan ini dan berterima kasih mereka memiliki jamban yang layak, bersih dan sehat.

Sementara itu selaku pelaksana dan pengawas program jambanisasi ini, Pasiter Kodim 1612/Manggarai, Kapten Inf Musoli, mengatakan bahwa pelaksanaan program ini diawali dengan adanya survey yang dilakukan sebelumnya oleh para Babinsa terhadap rumah tangga yang benar-benar belum mempunyai jamban permanen dan berhak untuk menerimanya.

Menurut Kapten Inf Musoli, pembuatan jamban meliputi bangunan kamar mandi, water closet (WC) dan lubang pembuangan ditargetkan dapat diselesaikan dalam waktu tiga hari di setiap rumah warga penerima program ini. Untuk seluruh material dan tukang disiapkan pihak TNI. Masyarakat penerima juga ikut dilibatkan untuk membantu mengerjakan program jambanisasi ini sebagai wujud kebersamaan antara TNI dan rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar