SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Jumat, 30 Oktober 2015

Danrem 161/WS : Perbatasan Adalah Etalase Sebuah Negara

Danrem 161/WS, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., saat meninjau program budidaya kelor di Dusun Welasakar mengatakan, keamanan di perbatasan harus diperketat, hal ini disampaikan, Selasa lalu (27/10) pada saat berkunjung ke Dusun Welasakar, Desa Litamali, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka. 

Ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Danrem di wilayah Kodim 1605/Belu dalam rangka menghadiri penutupan TMMD ke 95 Ta. 2015 sekaligus mengecek kesiapan rencana kunjungan Menko Polhukam pekan depan. Menurut Danrem 161/WS, kondisi keamanan perbatasan sudah cukup baik karena unsur-unsur seperti Satgas Pamtas maupun unsur lainnya sudah melakukan tugas dengan baik. Sistem pelintasan batas dengan pembangunan Pos Lintas Batas (PLB) baik di Motain, Motamasin dan Wini sudah disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga siapapun melintasi batas negara harus taat aturan.

Dikatakan juga, bahwa perhatian kepada wilayah perbatasan tidak hanya menjadi tanggung jawab TNI-Polri, melainkan semua pihak terkait termasuk pemerintah dan masyarakat. Karena wilayah perbatasan bukanlah wilayah terbelakang dari sebuah negara, akan tetapi adalah wilayah terdepan atau etalase sebuah negara. Itulah sebabnya pembangunan daerah perbatasan menjadi prioritas perhatian pemerintah.

Berbagai infrastruktur, sarana prasarana dibangun dalam rangka untuk membenahi wilayah perbatasan negara kita, khususnya di NTT yang berbatasan langsung dengan negara tetangga RDTL, antara lain pembangunan Pos Lintas Batas, Waduk Ratiklot di Desa Ainiba, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu serta bantuan rumah layak huni kepada warga baru dan pembangunan sarana kesehatan seperti Puskesmas, pelebaran dan peningkatan ruas jalan sabuk perbatasan sepanjang 47 kilometer.

Apabila semuanya sudah dibangun, maka masyarakat di perbatasan akan menjadi nyaman dan bisa terlibat didalamnya untuk ikut berpartisipasi menjaga keamanan negara di perbatasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar