SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Sabtu, 25 April 2015

Pangdam IX/Udayana, Dengan Semangat Prajaraksaka Kita Mantapkan Serbuat Teritorial

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro, memberikan pembekalan kepada Keluarga Besar FKPPI Daerah XIV Bali, pada Sabtu (25/4) bertempat di Aula Udayana, Makodam IX/Udayana.

Kegiatan ini digagas oleh Pengurus Daerah FKPPI XIV Bali, dengan tajuk “ Menjadikan FKPPI sebagai Generasi Yang Berkualitas dan Berintegritas Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Global Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia”. dengan menghadirkan sekitar 350 orang anggota FKPPI yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bali. Pada kesempatan ini Ketua Pengurus Daerah XIV Bali, Tri Nugraha,S.H, mengucapkan terimakasih atas atensi Pangdam IX/Udayana selaku orang tua yang sudah banyak memberikan arahan, sehingga FKPPI XIV Bali dapat menjalankan dharma bhaktinya, yang dibuktikan pada kesempatan ini FKPPI sebagai anak akan memberikan sumbangan kepada orang tuanya yang diwujudkan dalam bentuk Sepeda Motor Mega Pro sebanyak 6 unit, dengan harapan semoga dapat membantu tugas-tugas terutama dibidang teritorial. Sumbangan ini sebagai salah satu wujud perhatian seorang anak kepada orang tuanya, hal ini tercermin dari moto yang terpampang yaitu “ TIdak Hanya Doa Yang Kami Berikan, Tapi Juga Tetesan Keringat Untukmu Wahai Prajurit Bangsa”.

Selanjutnya sepatah kata dari Ketua Umum FKPPI Pusat, Han Silalahi, menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya silaturahmi kali ini dan selanjutnya menyampaikan perkembangan organisasi FKPPI ini, terutama mengajak segenap anggota FKPPI jangan sampai tidur, mari kita pegang teguh, semboyan yang ada, “ Solid, Kuat dan Militan “. Demikian ajak ketua umum.
Kemudian Pangdam IX/Udayana, menyampaikan apresiasi kepada FKPPI XIV Bali yang sudah mampu berbuat, lebih-lebih sudah bisa memberikan sumbangan kepada orang tuanya, bukan besar kecilnya sumbangan ini yang menjadi ukuran namun kepedulian, perhatian dan niatan baiknya ini yang patut diberikan penghargaan, memang demikian semestinya yang muda yang patut bekeria, orang tua tinggal memberikan dorongan, semangat dan tut wuri handayani. Demikian tegas Pangdam.
Selanjutnya adalah pembekalan dari Pangdam IX/Udayana dengan materi pokok “ Implementasi Serbuan Teritorial Dengan Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Global Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Implementasi ini pada intinya diawali dengan adanya perintah Presiden langsung ditindaklanjuti oleh Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat untuk mengoptimalkan seluruh jajarannya di masing-masing Kotama termasuk Kodam IX/Udayana untuk mewujudkan swasembada pangan. Swasembada pangan merupakan salah satu dari sembilan agenda Presiden yang terkenal dengan “Nawa Cita”, untuk menjadikan Indonesia mandiri secara ekonomi. Khusus untuk di wilayah teritorial Kodam IX/Udayana, pada tanggal 8 Januari 2015 di Jakarta telah ditandatangani Pakta Integritas antara Pangdam IX/Udayana dengan masing-masing Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali, NTB dan NTT yang disaksikan oleh Menteri Pertanian dan Kepala Staf Angkatan Darat. Kemudian dalam praktiknya dilapangan Serbuan Teritorial tidak hanya dijadikan sebagai wahana untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, tetapi harus dijadikan sebagai sarana untuk menenangkan dan memenangkan hati dan pikiran rakyat. Maka dari itu, kegiatan Serbuan Teritorial tidak hanya berupa TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa), peningkatan swasembada pangan, Karya Bhakti, Bhakti TNI atau kegiatan fisik lainnya, melainkan juga dalam bentuk non fisik seperti membangun mental dan spiritual rakyat, pelatihan Bela Negara, peningkatan karakter kebangsaan serta rasa nasionalisme dan lain-lainnya. Dapat dikatakan Serbuan Teritorial adalah setiap gerak prajurit baik perorangan, kelompok, maupun satuan dimanapun berada harus bermakna dan bermanfaat untuk rakyat dalam rangka menguatkan TNI AD mencintai rakyat dan dicintai rakyat. 

Acara ini dihadiri oleh para pejabat teras Kodam IX/Udayana, antara lain Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Asisten Kasdam IX/Udayana dan para Kabalak Kodam IX/Udayana serta sejumlah undangan lainnya. Seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar dan penuh rasa kekeluargaan, diakhiri dengan foto bersama. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar