SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Jumat, 24 April 2015

Pengerukan Lumpur Di Irigasi Subak Gadingwani Oleh Kodim 1619/Tabanan Dan Masyarakat

Danramil 1619-02/Selemadeg Kapten Inf E.Rajaguguk bersama Camat, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Selemadeg Barat dan Staf BP3K setempat telah melakukan peninjauan kondisi irigasi di area pertanian Subak Gading Wani Menin yang berlokasi di Desa Bengkel Sari Kecamatan Selemadeg Barat, Kamis hingga Jumat (23-24/4).

Kondisi irigasi di area pertanian Subak Gading Wani Menin yang berlokasi di Desa Bengkel Sari Kecamatan Selemadeg Barat dinilai aliran airnya kurang optimal dan tidak menjangkau hingga ujung subak akibat adanya endapan lumpur di beberapa titik yang totalnya mencapai hampir 5 Km. Langkah-langkah yang dilakukan dalam Upaya Khusus (Upsus) pertanian yang diambil untuk meningkatkan produksi pertanian cukup beragam, salah satunya adalah peningkatan/pengembalian fungsi atau revitalisasi irigasi guna menjamin ketersediaan stok air yang sangat diperlukan dalam proses pertanian tanaman pangan khususnya padi. Menyikapi hal tersebut.

Untuk mengatasinya dengan cepat tentunya bisa menggunakan alat berat, namun terkendala pada lokasi irigasi yang kurang memungkinkan untuk dijangkau oleh Alat Berat sehingga tenaga manual lebih diprioritaskan. Hasil analisa tugas dihadapkan pada keterbatasan personel yang tersedia maka rencana tersebut diteruskan oleh Danramil kepada Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos dan disetujui oleh Dandim 1619/Tabanan. 

Akhirnya, sesuai perencanaan, kegiatan terlaksana selama 2 hari (Kamis hingga Jumat Tgl 23 sd 24 April 2015). Pada hari pertama kemampuan penyelesaian sasaran mencapai 2 Km dan sisanya 3 Km telah diselesaikan dengan melibatkan beberapa komponen masyarakat dan krama subak setempat kurang lebih 200 orang. Dandim dan Kasdim 1619/Tabanan Mayor Kav I Nyoman Sulindra yang hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan tentang dukungan TNI AD pada Program Swasembada Pangan Nasional sangat serius dan di wilayah Kabupaten Tabanan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kodim 1619/Tabanan sebagai satuan pelaksana. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar