SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Rabu, 22 April 2015

Kodim 1619/Tabanan Terima Tim Jelajah Hutan-Gunung Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/KRA

Tim Jelajah Hutan Gunung yang merupakan bagian dari Tim Ekspedisi NKRI Koridor Bali Nusra diterima oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos (Rabu, 22/4) di Makodim 1619/Tabanan.

Tim jelajah Hutan Gunung pimpinan Lettu Inf Rahmat Umat Pao ini akan melaksanakan penjelajahan selama seminggu di Gunung Batukaru Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Dalam arahannya Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos menyampaikan kebanggaannya karena wilayah Kodim 1619/Tabanan menjadi satu dari sekian banyak sasaran kegiatan bertingkat nasional itu. Ekspedisi NKRI Koridor Bali Nusra yang telah bertugas hampir 3 bulan di wilayah Propinsi Bali sebelumnya telah diterima secara resmi kehadirannya di Kantor Gubernur Bali pada (8/2) lalu. Tim Ekspedisi NKRI memiliki beberapa Tim penjelajah untuk menaukseskan Tupoknya, antara lain Tim penjelajah pantai, Tim penjelajah hutan gunung dan Tim survey kebudayaan. Tim penjelajah hutan gunung yang hari ini telah menginjakkan kaki di Kabupaten Tabanan akan mempelajari flora dan fauna setempat khususnya di Gunung Batukaru yang memiliki ketinggian lebih dari 2.000 MDPL dan tercatat sebagai Gunung tertinggi kedua di Bali.

Tema yang diusung dalam kegiatan Ekspedisi NKRI tahun 2015 ini yaitu “Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia” yang organisasinya tersebar di 3 Korwil meliputi Korwil Bali (Karangasem), NTB (Lombok Timur, Sumbawa, Bima) dan NTT (Sumba Barat Daya, Ende, Alor, Belu). Personel yang mengawaki juga merupakan Gabungan dari TNI, Polri, Mahasiswa, Ahli Peneliti, Pramuka dsb. Selama Tim berada di areal Gunung Batukaru, Dandim 1619/Tabanan beserta Danramil dan Babinsa setempat mendukung penuh kegiatan dan telah berkoordinasi sebelumnya dengan Muspida maupun Muspika. 

Dandim 1619/Tabanan juga berpesan kepada anggota Tim, agar selama kegiatan tetap menjaga kesucian Gunung Batukaru, karena merupakan salah satu tempat yang disucikan oleh masyarakat Bali. Tetap pelihara komunikasi yang baik dengan masyarakat setempat, taati ketentuan adat dan laporkan setiap ada perkembangan situasi atau kendala kepada Kodim 1619/Tabanan. Selanjutnya Dandim 1619/Tabanan memerintahkan kepada Danramil 1619-08/Penebel beserta beberapa Babinsa untuk memantau atau jika diperlukan mendampingi kegiatan sekaligus sebagai penunjuk jalan dalam penjelajahan. Usai diterima di Makodim 1619/Tabanan, Tim selanjutnya diantar menuju ke areal Wongaya Gede untuk bertatap muka dengan aparat Desa dan Para Tetua Adat setempat.(MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar