SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Minggu, 15 Maret 2015

Koramil-01 Kodim 1619/Tabanan Kawal Upacara Melasti

Sabtu 14/3/2015 menjelang tengah malam di Pura Puseh adat Kota Tabanan dilaksanakan Upakara Melasti yang diikuti oleh seluruh warga beragama Hindu khususnya yang berdomisili di 23 Banjar Adat setempat dengan total peserta ribuan orang.

Melasti adalah upacara pensucian diri untuk menyambut hari ray Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali yang digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut. Melasti juga adalah moment pembersihan dan penyucian benda sakral milik pura (pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapannya). Benda-benda tersebut diarak dan diusung mengelilingi desa untuk menyucikan desa. Pelaksaaan upacara Melasti dilengkapi dengan berbagai sesajian dimana pada Ibukota provinsi dilakukan Upacara Tawur, tingkat kabupaten dilakukan upacara Panca Kelud, pada tingkat kecamatan dilakukan upacara Panca Sanak, pada tingkat desa dilakukan upacara Panca Sat dan di tingkat banjar dilakukan upacara Ekasata Sedangkan di masing-masing rumah tangga, upacara dilakukan di natar merajan.

Untuk mensukseskan kegiatan itulah tiap-tiap Koramil secara otomatis telah bergabung dalam kegiatan bersama para anggota Polsek dan Pecalang mengamankan jalannya prosesi adat. Koramil-01/Tabanan Kodim 1619/Tabanan sendiri sejak awal telah mengorganisir anggotanya untuk melaksanakan pengamanan mulai dari titik kumpul awal di Pura Desa hingga pantai Yeh Gangga yang terletak di Desa Sudimara Kecamatan Tabanan termasuk pengamanan rute. Iring-iringan rombongan Melasti akan berjalan kaki menuju Pantai Yeh Gangga dan diperkirakan akan sampai di lokasi sekitar Pukul 02.00 wita yang dilanjutkan rangkaian upacara hingga menjelang Pukul 04.00 wita. Usai kegiatan peserta kembali berjalan ke pura puseh adat kota Tabanan. Semoga kegiatan berjalan lancar.(MMC IX/Udy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar