SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Kamis, 19 Maret 2015

Babinsa Tidak Rela Petani Gagal Panen

Pada hari Rabu 18 Maret 2015 Anggota Babinsa dari Koramil 1608-05/Woha, setelah selesai memberikan penyuluhan kepada kelompok tani Sokalo Desa Risa Kec.Woha Kab.Bima, tentang cara mengatasi hama wereng yang selama ini mengganggu tanaman padi petani, para Babinsa langsung membantu penyemprotan pada tanaman padi milik warga. Dalam melakukan pencegahan maupun mengatasi hama wereng ini warga menggunakan obat Si Dabas(bentuknya cair), kemudian Giflo Go.W.T( tepung). Dalam lahan 10 Are tanaman padi, warga menggunakan 3 sendok makan Si Dabas, satu sendok Giflo Go.W.T kemudian diaduk hingga merata dengan 15 Liter air. Penyuluhan dan penyebarluasan ilmu yang dilakukan Babinsa ini dalam rangka mensukseskan swasembada pangan yang menjadi program pemerintah. 
Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa Indonesia, mengingat pangan adalah kebutuhan dasar bagi manusia. Untuk pemenuhan kebutuhan akan pangan tersebut, pemerintah telah mengatur dan melakukan secara bersama-sama dengan masyarakat. Mengenai pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan dilakukan oleh pemerintah sementara masyarakat dalam proses produksinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut terus berkembang dari waktu ke waktu, hal yang harus dilakukan adalah dengan mengembangkan sistem produksi pangan. Untuk mewujudkan ketahanan pangan yang menjadi program pemerintah tersebut, para Bakorluh, PPL dan Babinsa telah secara bersama - sama meberikan pendidikan, pelatihan , penyebarluasan ilmu dan penyuluhan di bidang pangan.
Pendampingan kepada para petani ini akan selalu dilakukan secara terus menerus oleh Babinsa, karena mereka tidak rela kalau para petani gagal panen.(MMC IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar