SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Senin, 02 Maret 2015

Gabungan TNI perkuat Menwa Serbu Yeh Gangga

 Kawasan Pantai Yeh Gangga terletak di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan memanjang dengan pasirnya yang hitam, berlatar panorama indah dengan ketenangan nuansa alam menjabjikan kenyamaan para pengunjung yang datang terlebih di saat matahari terbenam atau Sunset. Namun dibalik keindahan itu, kondisi Pantai Yeh Gangga disaat surut sering meninggalkan tumpukan sampah di sepanjang garis pantai dikarenakan adanya Muara Sungai yang disaat hujan membawa sampah dari wilayah Kota Tabanan ke Muara sehingga menumpuk dan cukup mengganggu keindahan.
Itulah yang mendasari Korps Menwa Ugrasena D-903/Pasung Gerigis UNHI Denpasar menjadikannya sasaran kegiatan Karya Bhakti Menwa Ugrasena Bali selaras dengan salah satu sasaran rutin Serbuan Teritorial Kodim 1619/Tabanan dan Program Pemberdayaan Wilayah Maritim Lanal Benoa.

Sabtu (28/2) pukul 08.30 wita ditentukan menjadi "Jam Serbuan" yang diawali dengan apel kesiapan pasukan di pelataran parkir Pantai Yeh Gangga. Komposisi pasukan yang hadir cukup beragam, Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos membawa Babinsa sejumlah 60 orang, Palaksa Lanal Benoa Mayor Laut (P) I Gusti Putu Wesnaya mengikutsertakan 50 orang, Polres Tabanan menyertakan Babinkamtibmas dan Polair Pos Yeh Gangga dipimpin Wakapolres Tabanan Kompol I Putu Dedi, Bupati Tabanan yang diwakili Camat Tab

Serbuan yang "massive" ini bertujuan untuk Meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan atas anugerah keindahan alam Bali dan cinta kepada lingkungan, memelihara Sinergitas/kerjasama antara Menwa Ugracena Bali satuan D-903/Pasung Gerigis UNHI, TNI dan Pemerintah Daerah dalam pengabdiannya kepada lingkungan/masyarakat sekaligus merupakan sinergitas pelaksanaan program tahunan Menwa yang selaras dengan Program Serbuan Teritorial wilayah darat TNI AD Kodim 1619/Tabanan serta pembinaan wilayah maritim TNI AL yang diwenangi oleh Lanal TNI AL Benoa. Selain itu kegiatan juga dimaksudkan untuk membina Soliditas, persatuan dan kesatuan antar elemen masyarakat serta memberikan bantuan kepada masyarakat dan mempelopori upaya menjaga kebersihan lingkungan pantai.

Selaras dengan tujuan tersebut, ditinjau dari aspek religius diyakini bahwa pertemuan antara air sungai dan laut adalah tempat suci sehingga Muara Sungai yang ada di pantai Yeh Gangga perlu dijaga kesuciannya. Selain itu juga dari aspek ekologi, lingkungan laut/pantai/pesisir perlu dijaga kebersihannya karena laut adalah penyerap energi terbesar yang akan menguap dan secara hidrologi berubah menjadi hujan sehingga laut harus tetap bersih. Sementara itu tinjauan dari aspek Budaya diharapkan kelestarian pesisir pantai tetap terjaga guna menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Akhirnya kegiatan berjalan dengan lancar dan aman atas berkat serta rahmat Ida Sang Hyang Widi Wasa. (MMC IX/Udy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar