SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Sabtu, 04 April 2015

Babinsa Kodim 1619/Tabanan Menanam Padi Ditemani Siswa SDN 2 Lumbung

Menumbuhkan kecintaan di bidang pertanian akhir-akhir ini tidaklah semudah yang dibayangkan seperti kondisi bangsa Indonesia sebagai Negara Agraris pada sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu. Bahkan saat ini telah cukup banyak lahan pertanian yang telah beralih fungsi karena dengan sengaja para petani menjual atau menyewakan lahannya kepada para investor sehingga semakin hari semakin berkurang luas tanam hingga pada akhirnya petani menjadi sebuah profesi yang banyak ditinggalkan.
Permintaan dari anggota Subak Lumbung kecamatan Selemadeg Barat melalui surat resmi Nomor : 12/5B/III/2015 yang dilayangkan pada tanggal 25 Maret 2015 kepada Danramil-02/Selemadeg dengan tembusan Dandim 1619/Tabanan tentang permohonan bantuan pengerahan personel untuk melaksanakan penanaman padi Program Beras Sehat pada Program Gerbang Pangan Serasi (GPS) disambut baik oleh Kapten Inf E.Rajaguguk. Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos yang menerima laporan dari Danramil-02/Selemadeg tanpa mengulur waktu selanjutnya menyetujui keterlibatan Babinsa Koramil-02/Selemadeg dalam mendukung Program Swasembada Pangan tersebut. Hingga pada akhirnya Kamis (2/4) kegiatan penanaman padi massal yang dihadiri oleh Muspika Kecamatan Selemadeg Barat beserta staf dan anggota, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Tabanan (Bapak I Nyoman Sunarta), Kepala PPL Kecamatan Selemadeg Barat (Bapak Nyoman Ariadi), staf/anggota BP3K dan UPTD Pertanian Kecamatan Selemadeg Barat beserta para petani berlangsung di Subak Lumbung. 
Yang menarik dari kegiatan tersebut ternyata para siswa/siswi dari SDN 2 Lumbung Kecamatan Selbar yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah dengan didampingi beberapa Guru ikut ambil bagian. Menurut keterangan Kepala Sekolah SDN 2 Lumbung bahwa para siswa/siswi memang telah diberikan pengenalan tentang pertanian sehingga para siswa/siswi kelak akan mencintai pertanian, namun hanya sebatas pengenalan dasar dan belum pernah praktek langsung di lapangan. Tidak kurang dari 100 orang terlibat pada kegiatan tersebut yang didalamnya termasuk puluhan siswa/siswi SDN 2 Lumbung.
Mengawali kegiatan, Ketua Bapeluh Kabupaten Tabanan memberikan pengarahan tentang pentingnya mensukseskan program ketahanan pangan yang telah dicanangkan Pemerintah, selain itu perlu pula pengenalan tentang pertanian kepada para generasi muda sebagai penerus profesi para petani yang rata-rata saat ini telah menginjak usia senja. Selain memberikan pengarahan, Bapak I Nyoman Sunarta juga secara khusus juga memberikan bimbingan tehnik cara menanam padi kepada para siswa/siswi yang sangat berkeinginan untuk mencoba praktek menanam padi di Subak Lumbung tersebut menemani para Bapak Babinsa, Para Petani dan Petugas PPL dengan didampingi para Guru. Seluruh peserta yang hadir menyambut positif keinginan tersebut karena sedikit banyak akan menumbuhkan mind set kepada para generasi muda tentang pentingnya pertanian untuk kelangsungan hidup bangsa.(MMC IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar