SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Selasa, 09 Juni 2015

Musim Tanam Tiba, Tentara Dan Petani Bendung Sungai

Danramil 1607-03/Ropang Kapten Inf Mulyanto memimpin anggotanya bersama warga petani melaksanakan kerja bhakti memperbaiki irigasi dengan membendung Sungai Orong Ereng, Minggu (7/6) di Desa Pemanong, Kec. Lenong Guar, Kabupaten KSB.

Kegiatan membendung sungai yang dilakukan oleh TNI dan warga setempat, karena bendungan yang semula terbuat dari Bronjong yang berisikan bebatuan hanyut akibat derasnya air saat banjir beberapa minggu yang lalu. Aksi membendung sungai ini dilakukan, agar petani dapat mengairi sawahnya yang mulai retak-retak akibat tidak mendapatkan aliran air.

Oleh karena itu, anggota Kelompok Tani Pemangong Baru, Poktan Usaha Tani, Poktan Bangun Bersama dengan dimotori oleh Danramil 1607-03/Ropang Kapten Inf Mulyanto sepakat bergotong royong membendung Sungai Orong Ereng yang lebarnya kurang lebih 25 M dengan bahan kayu dan bambu seadanya. 

Menurut warga, bendungan yang hanyut oleh banjir beberapa minggu lalu tersebut digunakan untuk mengairi sawah para petani di Kecamatan Lenong Guar sekitar 45 H, demikian juga harapan warga dengan bendungan secara sederhana yang dilakukan ini, warga dapat dengan segera melaksanakan tanam secara serentak ditahun ini, karena kalau terlambat tanam atau tidak serentak dapat berakibat fatal bagi mereka yaitu dengan datangnya serangan hama tikus pada tanaman padi mereka, apalagi dihadapkan dengan sebentar lagi datangnya musim kemarau, untuk itu warga berharap pemerintah setempat segera memperbaiki bendungan yang mengalirkan pada saluran irigasi ke sawah mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar