SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Jumat, 06 November 2015

Kodim 1622/Alor Tanggap Darurat Bencana Gempa

Kodim 1622/Alor bertindak cepat dalam menghadapi bencana alam gempa bumi yang terjadi hari Rabu siang (4/11) dan gempa susulan hari Kamis (5/11) kemarin di wilayah Alor, NTT.

Gempa bumi yang berkekuatan lebih dari 7 skala Ritcher ini telah banyak mengakibatkan kerusakan material seperti rumah tempat tinggal masyarakat, tempat ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya. Bersyukur bencana ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Menghadapi situasi ini, Kodim 1622/Alor berkoordinasi dengan Pemkab Alor dan instansi terkait lainnya bergerak cepat untuk menghadapi masa tanggap darurat ini. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kodim 1622/Alor pada masa tanggap darurat akibat bencana alam di wilayah Alor antara lain dengan, mendirikan tenda-tenda pengungsi sebagai tempat tinggal sementara bagi para korban bencana terutama pada malam hari untuk mengantisipasi adanya gempa susulan. Mendirikan pos-pos pelayanan kesehatan untuk melayani masyarakat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor. Kemudian juga mendirikan dapur umum khususnya bagi masyarakat yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan berat. Yang tak kalah mendesaknya adalah untuk membuat penyediaan tempat penampungan air bersih.

Sehari setelah kejadian ini anggota personel Kodim 1622/Alor dan masyarakat juga membantu melaksanakan pembersihan terhadap puing-puing rumah tempat tinggal masyarakat, tempat ibadah, sekolah dan sarana umum yang rusak akibat bencana gempa ini.

Kodim 1622/Alor juga telah berkoordinasi secara terus menerus dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BMKG untuk mendapatkan data tentang kondisi wilayah, sehingga dapat mengantisipasi dengan cepat apabila ada kemungkinan gempa susulan termasuk untuk memulihkan aspek psikologi masyarakat yang terguncang akibat bencana alam ini.

Bersama instansi terkait dari Dinas Sosial Pemkab Alor juga dilaksanakan pendataan secara terus menerus kerugian akibat bencana alam gempa serta membuka akses jalan yang tertutup di beberapa titik akibat anah longsor.

Menurut Dandim1622/Alor, Letkol Inf A. Marzuki satuannya beserta jajaran telah membantu pengedropan atau pendistribusian bantuan logistik beras ke beberapa titik yaitu ke Desa Maritaing sebagai Poskotis sebanyak 6 Ton, Desa Maukuru 1 Ton, Desa Belemana 1 Ton, Desa Padang panjang 1 Ton dan Desa Tanglapui 1Ton.

Sedangkan rencana kegiatan dalam rangka tahap rehabiltasi untuk sementara masih direncanakan dan dikomunikasikan terlebih dahulu oleh Dandim1622/Alor dengan Bupati Alor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar