SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Selasa, 30 Juni 2015

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad Tanam Padi Bersama Masyarakat Perbatasan

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad yang berada di Pos Maubusa melaksanakan kegiatan penanaman padi bersama masyarakat, Rabu (17/6) di Desa Tohe, Kecamatan Raihat perbatasan RI-RDTL.

Dalam kegiatan ini, anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad memberikan pengetahuan tentang tata cara menanam padi yang benar kepada masyarakat. Dengan memberikan pengetahuan tersebut, maka diharapkan hasil panen yang maksimal akan dapat diperoleh dan ketahanan pangan di perbatasan pun dapat tercapai.

Penanaman padi yang dilaksanakan oleh masyarakat bersama dengan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad ini, terlaksana atas keinginan masyarakat untuk melibatkan Satgas Pamtas yang diyakini mampu berperan untuk memberi arahan tentang tata cara bercocok tanam yang benar. Selain memberi arahan, anggota Satgas Pamtas juga turun ke sawah untuk menanam padi bersama masyarakat, sehingga dapat memberi contoh dan sekaligus mempercepat proses tanam. Dengan kata lain, pemberian pengetahuan cara bertanam padi menjadi sangat mudah dipahami oleh masyarakat karena prosesnya sangat aplikatif dengan melaksanakan praktek langsung di lapangan. Setelah kegiatan penanaman, Pos Maubusa akan terus melaksanakan pemantauan terhadap lahan tersebut sampai dengan masa panen. Hal ini dilakukan karena kualitas panen tidak hanya ditentukan oleh proses penanaman yang benar, melainkan tahap demi tahap setelah penanaman sampai dengan panen juga harus dilaksanakan secara benar.

Kegiatan yang melibatkan 85 orang masyarakat ini, juga dihadiri Camat Raihat, Mikael Kali Leon dengan penyampaian, “Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak anggota Pos Maubusa yang ikut serta membantu proses penanaman padi untuk penguatan swasembada pangan di daerah perbatasan”. Kepala Dusun Makerek Badaen, Benediktus Atok menambahkan, ”Kami sangat berterimakasih karena anggota Pos Maubusa berkenan memberikan ilmu tata cara menanam padi yang benar dan kami berharap akan menghasilkan panen padi yang baik”. Ucapan tersebut disampaikan kepada anggota Pos Maubusa atas kesediaannya untuk membantu mengarahkan masyarakat dalam proses penanaman padi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar