SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Senin, 29 Juni 2015

Kodim 1619/Tabanan Berikan Materi Bela Negara Dalam Semiloka LSM Balanusa

Kodim 1619/Tabanan dan LSM Balanusa Tabanan menggelar kegiatan Seminar dan Lokakarya (Semiloka) yang bertemakan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Jumat (26/6) di Taman Pujaan Bangsa, Desa Marga, Kecamatan Margarana, Tabanan.

Kegiatan Semiloka yang diikuti anggota LSM Balanusa, Pelajar, Sekehe Pemuda/Pemudi dan perwakilan dari beberapa OKM/OKP se-Tabanan tersebut diawali atas keinginan dari Ketua LSM Balanusa I Putu Eka Putra Nurcahyadi untuk menghimpun beberapa relawan yang nantinya akan disiapkan untuk menjadi Relawan Tanggap Bencana Alam, guna membantu keberadaan BPBD Tabanan.

Sementara itu dalam diskusinya pada awal penyiapannya antara Ketua LSM Balanusa dengan Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos memandang perlu diberikannya pembekalan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan untuk para relawan sebelum mereka mendapatkan pendidikan kedisiplinan di Rindam IX/Udayana, sehubungan dengan tugas-tugas kedepan yang akan dihadapi oleh para relawan tersebut nantinya sangat berkaitan erat dengan tugas-tugas kemanusiaan yang tentunya kesemuanya harus dilandasi oleh keikhlasan dalam bertugas dan dipenuhi oleh semangat kebangsaan serta sikap tanpa pamrih. 

Acara Semiloka dibuka oleh Bupati Tabanan (diwakili oleh Asisten II Sekkab Tabanan I Wayan Miarsana) yang dalam sambutannya menjelaskan, bahwa dalam menghadapi kejadian bencana yang setiap saat bisa mengancam seluruh wilayah Kabupaten Tabanan sangat diperlukan adanya peningkatan kapasitas masyarakat untuk bersama-sama komponen lain yang ada di wilayah dalam menghadapinya. Semiloka dan Pelatihan yang akan diikuti oleh para relawan hendaknya diikuti dengan serius, karena tugas-tugas relawan merupakan tugas panggilan hati yang tentu saja dilandasi oleh kecintaan kepada tanah airnya. 

Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf I Nyoman Syailendra yang ditunjuk untuk memberikan pembekalan dalam Semiloka memaparkan tentang peran generasi muda dalam Bela Negara yang tentunya sangat berkaitan erat dengan tujuan serta sasaran kegiatan yang digelar pada pagi hari itu. Semiloka ini sekaligus mengawali kegiatan pelatihan para relawan yang nantinya akan berlanjut di Rindam IX/Udayana. 

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos menambahkan, bahwa sudah menjadi tugas bagi Satkowil untuk memberikan pemahaman tentang Bela Negara dan Cinta Tanah Air bagi seluruh komponen masyarakat. Ini merupakan bentuk kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang bertujuan, agar masyarakat memahami tentang makna bela negara dan cinta tanah air dihadapkan pada perkembangan situasi wilayah, dimana diperlukan suatu pemahaman khusus karena pada era mengisi kemerdekaan bela negara tidak hanya diartikan dalam makna yang sempit namun harus diperluas dan menjalankan semua tugas atau profesi masing-masing dengan baik dan benar sudah merupakan bentuk bela negara.
Acara Semiloka ini dihadiri juga oleh Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, Ketua BPBD Tabanan I GN Sucita dan unsur-unsur TNI/Polri yang ada di wilayah Kabupaten Tabanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar