SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Senin, 13 April 2015

Penanaman Kelor bersama Korem 161/Wira Sakti di Naioni

Setelah melalui proses pembelajaran dan meninjau secara langsung di Kebun Percontohan Kelor Moringga Wira Sakti di dusun Sokon Kelurahan Fatukoa, maka kami masyarakat Kel Naioni, Kecamatan Alak Kotamadya Kupang berdasarkan kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun, berdasarkan pertimbangan yang sangat matang, maka kami memutuskan untuk membentuk dua kelompok tani kelor, yaitu Moringga Morijata Naioni dan Moringga Timorese, demikian disampaikan, Fransiskus Tio Kebana, ST MT Ketua Kelompok Tani Kelor Moringga Morijata Naioni, Sabtu ( 11/04 ) pada acara penanaman perdana pohon kelor di Lahan Kelompok Tani Moringga Morijata Naioni dan Lahan Kelompok Tani Kelor Moringga Timores di RT 11,RW 06, Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kotamadya Kupang .

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI A. Yuliarto, S.Sos.MAP dalam hal ini diwakili oleh Pasi Komsos Sterrem 161/Wira Sakti Mayor Inf Paulus Mbomba Die, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Korem 161/Wira Sakti menyambut baik budidaya tanaman kelor yang dirintis oleh Kelompok Tani Kelor Moringga Morijata Naioni, Kelompok Tani Kelor Moringga Timorese dan Kelompok Tani Kelor Moringga Utfoo. Begitu pula tentang manfaat dan prospek kelor kedepan, yang mana pasar dunia telah menanti pasokan kelor dari Propinsi Nusa Tenggara Timur, jelas Mayor Inf Paulus.

Lebih lanjut, bahwa kelor merupakan pohon ajaib dan tidak asing bagi kita semua. Nenek moyang kita telah mengkonsumsi kelor ini, tetapi belum memahami tentang manfaat dan prospek kelor tersebut. Berkat kegigihan Pak Danrem dan Kepeloporan Korem 161/Wira Sakti dalam memberikan pemahaman kepada kami, bukan sekedar kata-kata tetapi dengan tindakan nyata di lapangan, maka hal itu telah membuka kesadaran kami, akan potensi yang kami miliki. Kami telah melakukan pembibitan sebanyak 15.000 anakan kelor di Kebun Kelor Moringga Wira Sakti, yang ditanam mulai hari ini, dan kedepan akan menambah lagi sebanyak 25.000 anakan kelor, jelas Fransiskus Tio Kebana.

Andreas Nabud, SP, Ketua Kelompok Tani Kelor Moringga Timorese dalam sambutannya menyampaikan bahwa ucapan terima kasih kepada Pak Danrem yang tanpa lelah telah membangunkan kami dari tidur, mendorong kami untuk menggapai kesejahteraan melalui budidaya kelor, yang mana sejak kami kecil sangat akrab dengan tanaman kelor ini. Awalnya kami pesimis, tetapi setelah melihat kebun percontohan Moringga Wira Sakti di fatukoa, maka kami bersepakat untuk menyingsingkan lengan baju guna meraih masa depan kami yang lebih baik dengan membentuk kelompok tani kelor.

Jangan pernah berpikir kegiatan ini adalah proyek, tetapi kegiatan ini adalah benar-benar berangkat dari inisiatif sendiri, dengan swadaya sendiri bersama Korem 161/Wira Sakti. Dengan demikian agar masyarakat bisa menghargai upaya kami ini, artinya bahwa mari kita bersama-sama dan bersatu padu untuk mensukseskan kegiatan ini, salah satunya hal yang terkecil adalah dengan mengkandangkan ternak-ternak kita, dan kami juga mohon kepada Pak Danrem untuk memberikan Pengawalan dan Pendampingan kepada kami, dan salam kelorina !!, harap Andreas Nabud,SP.

Sementara itu, Junaidi Ketua Kelompok Tani Kelor Utfoo, menyampaikan bahwa Korem 161/Wira Sakti Luar Biasa dalam upayanya memberdayakan perekonomian masyarakat pedesaan yang sesuai dengan budaya lokal dan kearifan lokal, maka kami pun sebagai masyarakat sudah semestinya menyambut dengan luar biasa pula dalam mengembangkan budidaya kelor ini. Adapun, Maudy Anggota DPRD Kota Kupang, mengatakan dalam sambutannya bahwa Kelor merupakan pohon kehidupan dan merasa bersyukur sedikit demi sedikit masyarakat mulai mengetahui manfaat dan prospek kelor kedepan. Dengan besarnya antusiasnya masyarakat dalam upaya budidaya kelor, maka saya selaku anggota DPRD Kota Kupang akan membawa aspirasi ini ke DPRD Kota Kupang dan akan berjuang untuk mendorong Pemerintah Kota Kupang, mohon dapatnya untuk dapat segera merespon aspirasi masyarakat ini. Ini potensi yang luar biasa. 

Ketua RT 11 RW 06 Kelurahan Naioni, Cornelius Nenometa, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah merintis kegiatan ini,utamanya Korem 161/Wira Sakti. Kami aparat pemerintah di Naioni akan mendukung sepenuhnya kegiatan ini. 

Acara Penanaman Kelor yang dilaksanakan Kelompok Tani Kelor Moringga Timores dan Kelompok Tani Moringga Morijata Naioni seluas kurang lebih seluar 15 hektar, yang rencana akan segera disusul Kelompok Tani Kelor Utfoo ini, dihadiri oleh aparat pemerintah setempat, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Tampak hadir juga Investor dari Surabaya yaitu Hendra dan Agus serta Investor dari Lembata Thomas Tuan.(MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar