SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Minggu, 12 April 2015

Babinsa Kodim 1619/Tabanan bantu proses pencairan PSKS

Sejak dua hari terakhir, kegiatan beberapa Babinsa jajaran Kodim 1619/Tabanan selain melaksanakan tugas sesuai Job Description juga diminta oleh Pihak Kantor Pos setempat untuk bersama-sama petugas Kepolisian Sabtu (11/4) melaksanakan kegiatan pengamanan pencairan dana PSKS di beberapa Kantor Pos di wilayah Kabupaten Tabanan. 

PSKS atau Program Simpanan Keluarga Sejahtera menurut ketentuan setiap warga yang namanya tercantum dalam daftar distribusi berhak atas uang senilai Rp.600.000; untuk alokasi triwulan I Tahun 2015 atau periode bulan Januari-Maret. Kegiatan yang menjadi agenda rutin triwulan tersebut jika tidak dikawal oleh aparat keamanan bisa menjadi kerawanan karena selain banyaknya jumlah masyarakat, pencairannya harus menyesuaikan dengan prosedur yang kadang tidak bisa dipahami oleh beberapa masyarakat sehingga disini selain melaksanakan tugas pengamanan para Babinsa juga dituntut mampu berkomunikasi, menjadi penengah disaat terjadi kesalahpahaman antara petugas dengan penerima dan menyampaikan pesan moril tentang penggunaannya agar dana bantuan dimanfaatkan untuk hal-hal yang positip.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos sebelum memberangkatkan anggotanya berpesan agar Babinsa jangan hanya diam melihat kegiatan lalu setelah dinyatakan aman kembali ke rumah, namun itu adalah kesempatan baginya untuk mengenal masyarakatnya yang dinilai kurang mampu oleh pemerintah, melaksanakan Komsos sambil memberikan anjuran atau sekedar melakukan perbincangan.

Selam proses pencairannya memang masih ditemui beberapa kendala klasik sehingga beberapa orang dengan sangat terpaksa harus ditunda pencairannya, pasalnya mereka lupa membawa simcard sebagai dasar pencairan. Simcard ibarat No Rekening, jika kita tidak membawanya atau lupa nomornya maka dana tidak mungkin bisa dicairkan sehingga masyarakat diberikan kesempatan untuk mengambil atau akan disediakan waktu khusus bagi yang Simcard nya hilang. Selain PSKS, Kantor Pos sebagai instansi yang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan juga dibagikan PKH (Program Keluarga Harapan) yang indeksnya berbeda disesuaikan dengan kategori penerima, seperti untuk ibu hamil dan Balita berindeks Rp.1.000.000; per tahun, siswa SD senilai Rp.420.000; per tahun dan SMP Rp.750.000; per tahun.


Kegiatan hari kedua Minggu 12/4/2015 ini direncanakan akan berlangsung hingga pukul 18.00 wita dan pihak kantor pos hari ini melayani sebanyak 1.698 orang terdaftar, terdiri dari warga masyarakat Desa Debantas 122 orang, Desa Buahan 129 orang, Desa Tunjuk 190 orang, Desa Wanasari 174 orang, Desa Subamia 114 orang, Desa Sesandan 128 orang, Desa Dauh peken 139 orang, Desa Delod Peken 165 orang, Desa Dajan Peken 155 orang, Desa Gubug 130 orang, Desa Sudimara 150 orang dan Desa Bongan 102 orang.(MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar