SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Senin, 01 Juni 2015

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad Bertani Kacang Ijo

Danpos Turiscain Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad Serka Irwan bersama anggotanya dan warga setempat menanami lahan kosong milik Bapak Tobias dengan bibit kacang hijau sejak tiga bulan lalu dan telah dipanen pada akhir pekan lalu di Dusun Aerae, Desa Maumutin, Kec.Raihat, Kab.Belu.

Tanah seluas 50 x 50 meter di dekat perbatasan RI-RDTL milik Bapak Tobias warga Dusun Aerae, Desa Maumutin, Kec.Raihat. Kab.Belu, telah menghasilkan 205 kg kacang hijau pada panen pertamanya. Kebun kacang hijau hasil binaan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad ini, bisa mencapai hasil panen yang cukup fantastis berkat adanya pembinaan dan partisipasi anggota Pos Pamtas Turiscain semenjak tahap penyiapan lahan, penanaman, perawatan, sampai dengan masa panen tiba. Pencapaian tersebut dapat dijadikan motivasi bagi warga sekitar, karena ini adalah bukti nyata bahwa cara bercocok tanam akan sangat menentukan hasil panen. 

Ide pemanfaatan lahan masyarakat sebagai kebun percontohan, memang telah direncanakan sejak awal guna memberi motivasi bagi masyarakat untuk bercocok tanam dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan, karena melihat banyak masyarakat yang berkebun kurang memperhatikan hal-hal teknis yang sangat menentukan optimalnya hasil panen. Tahapan-tahapan seperti pemilihan bibit, pengaturan jarak antar tanaman, pembersihan gulma dan lain-lain masih belum diketahui oleh masyarakat. 

Adanya lahan kosong milik Bapak Tobias, mendorong Danpos Turiscain Serka Irwan untuk menanami lahan tersebut dengan bibit kacang hijau. Setelah 3 bulan, hasilnya sudah dapat dilihat dan bisa memberi pengetahuan bagi masyarakat tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar. Dengan demikian, selain mengamankan perbatasan, para prajurit juga telah meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di sekitarnya. 

Bapak Tobias (73) mengungkapkan, “ Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari bapak-bapak Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad, karena telah bekerjasama dengan kami sejak awal sampai dengan panen tiba”. Selanjutnya, Bapak Damianus (44) yang turut berperan dalam kegiatan ini juga menyampaikan, “Kami senang karena bapak-bapak Satgas Pamtas sangat antusias dan peran sertanya sangat besar dalam kegiatan penanaman kacang hijau di kebun ini. Mudah-mudahan panen kedua dan ketiga hasilnya bisa sama atau lebih banyak dari panen yang pertama”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar