SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Jumat, 29 Mei 2015

Pelepasan Tukik dalam rangka Peringatan HUT Ke-58 Kodam IX/Udayana

Dalam rangka HUT Ke 58 Kodam IX/Udayana Jumat (29/5) dipimpin langsung Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro melepas ratusan Tukik di Pantai Inna Kuta.

Mengawali sambutannya Pangdam menyampaikan program pembangunan nasional dalam ranah kelestarian lingkungan salah satunya adalah pembudidayaan anak penyu yang istilah populernya terkenal dengan nama “Tukik”. Penyu yang merupakan hewan langka dan dilindungi oleh pemerintah, akhir- akhir ini keberadaannya sudah sangat mengkhawatirkan bahkan mendekati kepunahan. Untuk itu, dalam rangka melestarikan lingkungan hidup khususnya habitat laut, Kodam IX/Udayana bersama-sama seluruh masyarakat yang simpati dan peduli terhadap kelestarian lingkungan melaksanakan pelepasan tukik di Pantai Kuta ini. Dipilihnya Pantai Kuta sebagai tempat pelepasan tukik selain Pantai Kuta merupakan tempat favorit bagi wisatawan asing maupun domestik, wilayah sekitar Pantai Kuta juga merupakan tempat atau habitat yang baik bagi berkembang biaknya spesies penyu.

Selanjutnya Pangdam berharap kepada seluruh masyarakat terutama yang hadir pada acara pelepasan tukik kali ini untuk ikut meningkatkan rasa memiliki dan kepedulian tinggi terhadap kelestarian penyu dengan cara tidak ikut-ikutan menangkap dan menjual hewan penyu yang dilindungi oleh pemerintah ini. Mudah-mudahan pelestarian tukik dapat menyadarkan masyarakat sekaligus menggugah instansi lain untuk ikut melaksanakan kegiatan serupa serta mengawasi hewan penyu dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Mengakhiri sambutan Pangdam mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam membantu kelancaran pelaksanaan pelepasan tukik kali ini.
Akhirnya, dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa tepat pukul 08.10 Wita, pelepasan tukik dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-58 Kodam IX/Udayana secara resmi saya nyatakan “dimulai”. 

Hadir mendampingi Pangdam pada acara pelepasan Tukik dalam rangka HUT ke 58 Kodam IX/Udayana diantaranya Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan, Ibu Ketua, Wakil Ketua serta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayan, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli, LO AL serta para Dan/Kabalak Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar