SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Rabu, 18 November 2015

Mentan : Panen Raya di Lembor, Manggarai Barat

Menteri Pertanian RI, Andi Amram Sulaiman bersama Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Hadi Kusnan, Dirjen Tanaman Pangan, Hasil Sembiring, Kasrem 161/WS, Kolonel Inf Adrianus Suryo Agung Nugroho dan beberapa pejabat lainnya menghadiri Panen Raya Padi Jenis Hibrida 9, Selasa (17/11) di Persawahan Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Pada kesempatan ini Mentan RI, mendengarkan berbagai masukan apa yang menjadi harapan dan keinginan para petani di wilayah NTT. Selanjutnya Mentan RI mengatakan, pemerintah telah mendukung peningkatan alokasi anggaran pertanian di Provinsi NTT dari Rp 300 Milyar menjadi Rp 1 Triliun. Ini sebuah jumlah yang fantastis, untuk itu Mentan berharap agar dana ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat dimanfaatkan tepat sasaran dan membawa kesejahteraan bagi para petani.

Tidak hanya masalah dukungan dana, Menteri Pertanian RI juga menjanjikan untuk memberikan bantuan pompa air sejumlah 20 unit untuk mendukung petani yang lahannya mengalami kekeringan akibat musim kemarau panjang. Ada juga bantuan lainnya untuk mendukung suksesnya swasembada pangan berupa bantuan Alsintan hand tractor, benih padi bagi petani dan program pertanian lainnya, dengan harapan petani di NTT dapat mandiri. Mentan juga menyampaikan bahwa NTT mendapatkan kuota 30.000 Hektar sawah yang diberikan oleh Departemen Pertanian RI. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Provinsi NTT untuk menyiapkan lahannya.

Sementara Gubernur NTT, Frans Lebu Raya mengapresiasi apa yang telah diprogramkan oleh pemerintah dalam mendorong pertanian di Provinsi NTT, seraya mengucap syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dimana dengan panen raya seluas 3.453 Hektar ini, mampu untuk menghasilkan 10,4 Ton per Hektarnya, dengan harapan kebutuhan pangan masyarakat akan terpenuhi.

Acara panen raya ini ditandai dengan panen secara simbolis yang dilakukan oleh Mentan RI, Gubernur NTT, Kasdam IX/Udayana, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian dan tamu undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar