SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Jumat, 31 Juli 2015

Pangdam IX/Udayana Tandatangani MOU Dengan PT Nagabendu Dan PT Telkomsel Wilayah Jawa Bali-Nusra

Pangdam IX/.Udayana Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro Kamis (30/7/2015) menandatangani Nota Kesepahaman (mou) antara Kodam IX/Udayana dengan Telkomsel yang bekerjasama dengan PT Nagabendu Teknologi Utama di Hall Makodam IX/Udayana.

Kerjasama ditandai penandatanganan nota kesepahaman oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro, GM Regional Account Management Telkomsel Area Jawa Bali Roeswandi, dan Presiden Direktur Nagabendu Teknologi Utama Andy Garna.PT Nagabendu Teknologi Utama menghadirkan sistem pelaporan terintegrasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bernama Sipinter (Sistem Pelaporan dan Informasi Pembinaan Teritorial). Pada kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan bahwa dalam rangka membantu dan mendukung tugas pokok serta tugas tambahan TNI Angkatan Darat, maka diciptakan suatu sistem yang di sebut Sipinter yaitu Sistem Pelaporan dan Informasi Teritorial, dimana aplikasi berbasis mobile ini diperuntukkan bagi anggota TNI Angkatan Darat, khususnya para Babinsa dalam rangka monitoring kegiatan pelaporan harian guna mensukseskan Program Swasembada Pangan yang telah dicanangkan Pemerintah dengan mendayagunakan jajaran teritorial atau Babinsa. Pangdam berharap Program Sipinter ini dapat memaksimalkan upaya khusus dan sekaligus meningkatkan pencapaian target swasembada pangan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Selain itu juga dapat mensinergiskan peran Dinas Pertanian, PPL dan Babinsa di lapangan melalui koordinasi secara terpadu dan terintegrasi serta dapat digunakan sebagai sarana pelaporan kegiatan para Babinsa yang valid di lapangan.

Lebih lanjut GM Regional Account Management Telkomsel Area Jawa Bali Roeswandi mengungkapkan, sebagai perusahaan yang peduli terhadap keutuhan NKRI, pihaknya berkontribusi secara aktif membantu Kodam IX/Udayana untuk mengoptimalkan fungsi pembinaan teritorial TNI AD melalui TIK. "Kami berharap upaya ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan jajaran Kodam IX/Udayana dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara, khususnya di wilayah Bali, NTB, dan NTT,” kata Roeswandi. Dengan dikembangkannya, Nagabendu Teknologi Utama sebagai mitra Telkomsel di bidang TIK, Sipinter akan dimanfaatkan lebih dari 3.400 personel Babinsa dan jajaran staf di lingkungan Kodam IX/Udayana pengguna KartuHalo yang terhubung dengan jaringan Telkomsel. Sipinter merupakan solusi untuk menunjang metode yang diterapkan TNI untuk menyelami, menghubungi, mempengaruhi, dan mengajak masyarakat sipil untuk berpartisipasi dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara. Dengan diimplementasikannya Sipinter, para personel Babinsa dan jajaran staf Kodam IX/Udayana mampu mendeteksi posisi dan pergerakan anggota, mampu memetakan potensi wilayah. "Juga, mampu memetakan kondisi pertahanan dan keamanan serta potensi ancaman atau gangguan secara realtime. Sipinter juga berfungsi sebagai basis data untuk diintegrasikan dengan fungsi lain serta sebagai sarana alternatif bagi komunikasi dan komando secara langsung, baik massal maupun terarah. Di samping fitur pembinaan teritorial, Sipinter juga dilengkapi dengan fitur swasembada pangan, laporan kegiatan, data masyarakat, serta data petani dan ketersediaan alat mesin pertanian. Sipinter ditempatkan di fasilitas data center dengan sistem keamanan yang dijaga ketat selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu dan sistem backup atau mirroring di tiga lokasi server terpisah sebagai mitigasi risiko bencana alam. “Seluruh fungsi Sipinter dapat dengan mudah dimonitor dan dikendalikan melalui pusat kendali operasional yang berada di Makodam, Makorem, dan Makodim. Jika diperlukan, command center ini dapat dibuat bergerak atau mobile,” jelas Andy. Pangdam IX/Udayana berterima kasih atas dukungan Telkomsel dalam penyediaan Sipinter. “Peranan TIK sangat penting guna mendukung aktivitas serta meningkatkan produktivitas jajaran Kodam IX/Udayana diharapkan Sipinter dapat dioptimalkan seluruh jajaran untuk menjalankan tugas pertahanan dan keamanan wilayah teritorial NKRI di Bali, NTB, dan NTT dengan sebaik-baiknya,” Tegas Pangdam 


Hadir pada acara Penandatanganan Nota kesepahaman (mou) Kodam IX/Udayana dengan PT Nagabendu Dan PT Telkomsel wilayah Jawa Bali-Nusra diantaranya Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan, Kadistan Provinsi Bali Bapak Ir. Ida Bagus Wisnu Ardana, M.Si., Kadistan Provinsi NTB yang diwakili oleh Kasi Pengelolaan Lahan dan Air Bapak Hendro dan Kadistan Provinsi NTT yang diwakili oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bapak Ir. Gede Adi Wiratma General Manager PT Telkomsel Regional Manager Account Management Jawa-Bali Nusra Bapak Roeswandi dan Presiden Direktur PT Nagabendu Teknologi Utama Bapak Andy K. R. Garna, Para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Para Kabalak Kodam IX/Udayana. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar