SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Sabtu, 26 September 2015

HUT Ke-70 TNI, Korem 161/Wira Sakti Tanam Bakau

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E,MM., menyelenggarakan kegiatan Penanaman Anakan Pohon Bakau dalam rangka HUT ke-70 TNI Tahun 2015, Sabtu (26/9) di Pantai Pohon Duri, Kelurahan Oesapa Barat, Kec. Oesapa, Kota Kupang. 

Dalam sambutannya Danrem 161/Wira Sakti menyampaikan, bahwa Penanaman anakan Pohon Bakau ini di laksanakan di seluruh Kodim jajaran Korem 161/Wira Sakti secara serentak , selain dalam rangka memperingati HUT ke-70 TNI Tahun 2015, juga merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan pantai yang semakin hari semakin memprihatinkan keadaannya.    

Mari kita bersama-sama melestarikan lingkungan pantai dan yang paling penting adalah bukan pada kegiatan penanamannya, akan tetapi bagaimana kita seluruh elemen masyarakat ini menjaga, merawat dan memelihara anakan Pohon Bakau ini, sehingga semua yang kita tanam pada hari ini dapat hidup serta berdampak tidak terjadinya abrasi pantai maupun kerusakan lingkungan pantai. Lebih lanjut disampaikan, bahwa kita semua bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan pantai, dengan demikian maka generasi muda nantinya dapat menikmati keindahan panorama pantai serta terjadi keseimbangan lingkungan pantai, tegas Danrem.

Walikota Kupang Jonas Selaen, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada TNI yang telah menggagas pelaksanaan kegiatan ini, Kegiatan penanaman anakan Pohon Bakau yang dilaksanakan kali ini merupakan bentuk TNI yang peduli terhadap kondisi lingkungan pantai. Dulu kawasan Pantai Pohon Duri sepanjang + 4 Km ini , merupakan kawasan hutan bakau yang sangat hijau, terdapat aneka kehidupan didalamnya, akan tetapi seiring berjalannya waktu, dirasakan kelestarian alam Pantai Pohon Duri ini semakin berkurang, maka tepat sekali di Ulang Tahun TNI yang ke-70 ini diselenggarakan penanaman Pohon Bakau, yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan contoh khususnya kepada masyarakat di lingkungan pantai, untuk turut serta menjaga dan merawat kelestarian lingkungan pantai 

Sementara itu, Gubernur NTT dalam kesempatan ini diwakili oleh Ka. BLHD Propinsi NTT Fredrick Tielmann menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran TNI yang telah melaksanakan kegiatan penanaman anakan Pohon Bakau di seluruh pantai di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini akan dapat memperkecil resiko kerusakan lingkungan pantai dan menghindari terjadinya abrasi pantai. Lebih lanjut disampaikan, mari kita dorong seluruh elemen masyarakat untuk mencintai kelestarian lingkungan pantai, terlebih lagi bahwa Propinsi Nusa Tenggara Timur merupakan Propinsi Kepulauan yang sangat potensial di bidang Maritim.

Lurah Oesapa Barat, Vera Suek, menyampaikan rasa terima kasih kepada TNI yang telah memilih Pantai Pohon Duri kelurahan Oesapa Barat, untuk pelaksanaan kegiatan penanaman anakan Pohon Bakau dalam rangka HUT TNI pada tahun ini. Kehadiran TNI di tempat ini membuat masyarakat dapat mengenal lebih dekat dengan TNI. 

Penanaman anakan Pohon Bakau di Pantai Pohon Duri ini sebanyak 1.000 anakan Pohon Bakau, yang di ikuti oleh Jajaran Korem 161/Wira Sakti, Jajaran Lantamal VII Kupang, Jajaran Lanud El Tari Kupang, Basarnas NTT, Polres Kota Kupang, PNS jajaran Kota Kupang, Para Mahasiswa, Pelajar, Pramuka , FKPPI serta sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur NTT yang di Wakili Ka BLHD Propinsi NTT Fredrick Tielman, Danlanud Eltari Kupang Kol ( Pnb) Andi Wijaya, Wadan Lantamal VII Kupang Kol (Laut) Dafit Santoso, Para Kasi Korem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf Subar, Para Dan/Kabalak Aju Jajaran Korem 161/Wira Sakti, Lurah Oesapa Barat Vera Suek, Camat Kelapa Lima Abraham Kalao, Tokoh masyarakat,tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda kelurahan Oesapa Barat. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar