SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Senin, 28 September 2015

Kasdam IX/Udayana Buka Latihan Posko I Korem 163/WSA

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan sebagai Irup dalam Upacara Pembukaan Latihan Posko I Korem 163/Wira Satya “Udayana-15” TA. 2015, Senin (28/9) di Makorem 163/WSA, Denpasar.

Dalam amanatnya Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan menyampaikan, bahwa Latihan Posko yang dilaksanakan selama tiga hari ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem dalam merencanakan, menyiapkan, melaksanakan, mengendalikan dan membantu tugas Pemerintah Daerah serta melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan segenap pihak terkait dalam menghadapi tugas penanggulangan bencana alam maupun konflik komunal di wilayah. Selanjutnya, sasaran yang ingin dicapai adalah melaksanakan Prosedur Hubungan Komandan dan Staf sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku serta terlaksananya Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi, Intelijen Pengindraan dan Pengintaian (K4IPP) secara optimal. Sehingga mampu menangani permasalahan kondisi sosial secara cepat, tepat dan benar serta terpadu antara aparat keamanan (TNI-Polri), Pemda, instansi terkait, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi dinamika penanggulangan bencana alam di wilayah guna menciptakan rasa aman, sejahtera dan kondusif di lingkungan masyarakat. 

Materi Latihan Posko yang akan diberikan, antara lain : Doktrin/ Bujuk TNI AD, Manajemen Teritorial, Binlat, K4IPP (Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi, Informasi, Pengamatan dan Pengintaian), Briefing Militer serta Bicara Efektif dan Mendengar Efektif. Dengan Tema “Korem 163/WSA melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah“. Sehingga kegiatan ini sangat tepat, mengingat wilayah Korem 163/Wira Satya yang meliputi Provinsi Bali sangat rentan dengan berbagai masalah konflik sosial. Sebagai aparat teritorial, kita tentunya harus dapat mengantisipasi atau meredam berbagai konflik sosial yang terjadi di masyarakat sesuai tataran tugas dan kewenangan masing-masing. Kita harus menjaga kondisi Bali sebagai tempat tujuan wisata baik domestik maupun manca negara agar tetap aman dan nyaman. 

Menyikapi hal tersebut, Pangdam memerintahkan Danrem 163/Wira Satya, untuk melaksanakan Latihan Posko sesuai Protap yang berlaku dengan titik berat mengatasi permasalahan sosial di wilayah dalam rangka membantu Pemerintah Daerah setempat. Kemudian, kepada seluruh peserta yang terlibat Pangdam IX/Udayana menekankan untuk mengikuti rangkaian kegiatan latihan secara sungguh-sungguh, pahami dan hayati fungsi dan tugas masing-masing dengan sebaik-baiknya, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan atau konflik sosial di wilayahnya maka sudah tahu siapa dan berbuat apa. Jangan sampai ada yang beranggapan bahwa kegiatan ini hanya formalitas untuk menyelesaikan program saja.

Hadir pada acara tersebut Para Pejabat Teras Kodam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana dan tamu undangan lainnya. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar