SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Kamis, 26 November 2015

Danrem 161/WS : Rebut Hati Dan Pikiran Rakyat

Danrem 161/WS, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., memberikan Jam Komandan kepada seluruh Prajurit dan PNS Makorem, Balak Aju Korem dan Kodim 1604/Kupang, Kamis (26/11) bertempat di Aula Makorem 161/WS.

Pada kesempatan ini Danrem 161/WS menyampaikan beberapa informasi atau penekanan yang diperoleh pada saat pelaksanaan Apel Danrem-Dandim Terpusat yang dilaksanakan di Magelang dari tanggal 17 sampai dengan 20 Nopember 2015 lalu.

Danrem menjelaskan tentang perkembangan situasi global, regional, nasional maupun wilayah yang terjadi saat ini, yang dapat berpengaruh pada situasi keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terutama terkait masalah ancaman global serangan teroris oleh kelompok yang mengaku sebagai Islamic State of Iraq and Suriah atau ISIS di Paris Perancis, memanasnya wilayah regional sengketa Laut Cina Selatan yang melibatkan beberapa negara di kawasan tersebut, kemudian adanya ancaman kelompok tertentu terhadap keamanan nasional negara kita yang juga dapat berimbas sampai ke daerah-daerah.

Untuk itu menurut Danrem diperlukan kepekaan terhadap situasi dan kondisi seperti ini dengan lebih menekankan pada pelaksanaan deteksi dini dan cegah dini sehingga tidak diharapkan terjadi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Prajurit dan PNS sekalian harus peka dan peduli terhadap apa yang ada dan mungkin terjadi di lingkungan masing-masing, tegas Danrem.

Terkait hal tersebut penerapan metode pembinaan teritorial atau Binter adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga kita akan mendapatkan informasi-informasi yang berguna buat kita dan satuan. Hal yang paling simpel dilakukan adalah dengan menerapkan komunikasi sosial atau Komsos sebagai salah satu metode Binter. Dengan melakukan pembicaraan ringan atau omong-omong dengan rakyat, mendengar keluh kesah mereka, peduli terhadap kesulitan mereka adalah hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan tetapi mampu menyentuh perasaan mereka. Jika itu bisa dilakukan oleh seluruh prajurit maupun PNS sekalian di wilayah Flobamora tercinta ini, maka disitulah kita akan dapat merebut dan memenangkan hati dan pikiran rakyat, "How to find and win the heart of the people" kata Danrem.

Maka lakukan hal-hal yang terbaik buat rakyat maka timbal baliknya kita juga akan mendapatkan hal yang terbaik pula.

Acara yang juga dihadiri oleh Kasrem 161/WS, Kolonel Inf Adrianus Suryo Agung Nugroho, Para Kasi Korem, Dandim 1604/Kupang, Para Kabalak Aju, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS se Garnisun Kupang ini diakhiri dengan penyampaian oleh Danrem 161/WS tentang beberapa penekanan ataupun atensi dari Panglima TNI maupun dari Kasad saat pelaksanaan Apel Danrem-Dandim Terpusat Tahun 2015 di Magelang minggu lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar