SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Selasa, 29 September 2015

Kodim 1616/Gianyar Gelar Nobar Film Penghianatan G30S/PKI

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto Capah, S.Sos., menngelar acara nonton bareng film Penghianatan G 30 S/PKI bersama masyarakat, KBT dan anak sekolah, Senin (28/9) di Aula Makodim 1616/Gianyar.

Sejarah Bangsa Indonesia mencatat, bahwa pada tanggal 30 September 1965 telah terjadi penghianatan terhadap keutuhan NKRI yang dilakukan oleh PKI (Partai Komunis Indonesia) hendak merubah Negara Indonesia yang berideologi Pancasila menjadi Negara yang beridiologi paham Komunis. Kekejaman tersebut terbukti dengan terjadinya penculikan hingga pembunuhan putra-putra terbaik Bangsa Indonesia yang kita kenal sampai saat ini dengan sebutan Pahlawan Revolusi.

Berkaca dari lintasan sejarah kelam bangsa kita, maka Kodim 1616/Gianyar selaku Komando Kewilayahan berupaya untuk tetap menangkal adanya bahaya laten komunis yang merongrong keutuhan NKRI dengan cara-cara yang lebih modern atau yang disebut Komunis Gaya Baru yang dapat mempengaruhi pola fikir dan pemahaman para generasi muda sebagai calon-calon penerus bangsa ini. Karena pengaruh paham komunis dewasa ini diindikasikan mulai bergerak dengan menyentuh pemahaman terhadap generasi muda yang identik dengan keingintahuan yang tinggi.

Guna mencegah terjadinya pemahaman yang keliru terhadap paham komunis ataupun ancaman komunis bagi generasi muda khususnya KBT, maka Kodim 1616/Gianyar berupaya untuk menyampaikan lintasan sejarah tersebut melalui penayangan film sejarah yang dikenal dengan Penghianatan G 30 S/PKI, sebagai bahan pengetahuan dan pemahaman agar generasi muda dapat menghindari faham komunis dihadapkan dengan minimnya pengetahuan sejarah yang diberikan baik dari sekolah maupun lembaga non formal.

Disela-sela acara nonton bareng yang diikuti sekitar 200 orang generasi muda dari FKPPI, Pramuka maupun keluarga besar anggota Kodim 1616/Gianyar, Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto Capah, S.Sos., mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya Kodim untuk menangkal bahaya pengaruh komunis pada generasi muda khususnya KBT maupun masyarakat dan diharapkan generasi muda lebih faham serta mengerti esensi tentang bahaya faham komunis bagi NKRI dengan mencegah bangkitnya lagi komunis dalam bentuk yang berbeda. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar