SELAMAT DATANG DI BLOG MOBILE MEDIA CENTER UNTUK MENGIKUTI BERITA TERBARU TENTANG KODAM IX/UDAYANA DAN BALI NUSRA

Jumat, 18 September 2015

Penerimaan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 725/ WRG Dan Yonarmed 11/Kostrad

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E,MM., selaku Dankolakops Pengamanan Perbatasan RI-RDTL memimpin Upacara Penerimaan Satgas Pamtas RI-RDTL, Kamis (17/9) di Lapangan Lantamal VII Kupang.

Wilayah perbatasan RI-RDTL menjadi tanggungjawab satuan yang terlibat secara langsung sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL, terletak di daerah perbatasan Kabupaten Kupang dan TTU dengan Distrik Oecussi (Timor Leste) sepanjang + 119.7 km serta Kabupaten Belu dengan Timor Leste sepanjang + 149,1 km. Pengamanan Perbatasan RI-RDTL dilaksanakan oleh 2 ( Dua ) Batalyon, yaitu Yonif 725/Woroagi akan bertugas di Sektor Timur menggantikan Yonif 514/R/9/2 Kostrad, sedangkan Yonarmed 11/Kostrad akan bertugas di Sektor Barat menggantikan Yonif 744/SYB.

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E,MM., selaku Dankolakops Pengamanan Perbatasan RI-RDTL menyampaikan Amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Setyo Sularso selaku Pangkoops Pengamanan Perbatasan RI-RDTL, agar Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL melaksanakan tugas dengan maksimal, sehingga situasi dan kondisi keamanan di Wilayah Perbatasan RI-RDTL tetap kondusif dan lakukan pendekatan kepada masyarakat setempat sesuai dengan kultur dan budaya masyarakatnya. Dalam pergeseran pasukan setelah upacara ini menuju pos masing-masing agar dilaksanakan secara tertib dan mengutamakan faktor keamanan, kemudian sesampai di pos masing-masing laksanakan serah terima dengan baik dengan Satgas sebelumnya. Adakan koordinasi dengan Kepolisian Timor Leste apabila terjadi pelanggaran di daerah perbatasan. 

Selanjutnya Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto,SE.MM memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Satgas yang diawali dengan ucapan selamat datang kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 725/WRG dan Yonarmed 11/Kostrad beserta perkuataannya di Wilayah Korem 161/Wira Sakti. Dan dalam pengarahannya Danrem menyampaikan, bahwa tugas ini merupakan suatu kehormatan bagi kita semua yang diberikan oleh Komando Atas, karenanya Satgas Pamtas RI-RDTL harus melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin. Pelajari tugas, kuasai peraturan yang ada, segera beradaptasi dengan lingkungan masyarakatnya baik mengenai adat istiadat dan budayanya serta senantiasa menjunjung tinggi kearifan lokal yang ada. Jalin komunikasi yang baik dengan segenap komponen masyarakat yang ada di perbatasan RI-RDTL serta senantiasa berkoordinasi dan bekerjasama dengan aparat keamanan dan dinas / instansi terkait baik di Wilayah RI maupun RDTL. Kemudian, hindari melakukan kegiatan illegal di perbatasan atau kegiatan pelanggaran lainnya yang dapat merugikan masyarakat secara umum dan merusak citra TNI, juga manfaatkan waktu yang ada dengan kegiatan-kegiatan yang positif, tegas Danrem.

Dalam pelaksanaan upacara, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 11/Kostrad Letkol Arm Teguh Triprihanto Usman. Yang dihadiri oleh Kasrem 161/Wira Sakti, Danbrigif 21/Komodo, Danlanud El Tari Kupang, Wadan Lantamal VII Kupang, Wakabinda NTT, Yang Mewakili Kapolda NTT, Yang mewakili Kajati NTT, Para Kasi Korem 161/Wira Sakti , Kepala Basarnas NTT, Dandim 1604/Kupang, Para Danka Balak Aju Korem 161/Wira Sakti, Kapolres Kota Kupang, Danyonif 743/PSY dan Ibu Ketua Persit KCK Koorcabrem 161/Wira Sakti beserta Pengurus dan Ibu Ketua Persit Cabang XV Kodim 1604/Kupang beserta Pengurus serta para tamu undangan lainnya. (MMC IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar